BALI memang sebati dengan Hindu. Maklum, sebahagian besar warga Bali adalah pemeluk Hindu dengan segenap tradisi Hindu yang begitu kuat. Tak salah jika kuil-kuil bertebaran di Bali, sehingga pulau Bali pun dijuluki pulau seribu kuil. Tetapi, keadaan demikian tidak serta-merta menepis adanya agama lain – seperti Islam – di pulau dewata ini. Sebabnya, ada beberapa wilayah di sudut pulau Bali yang ternyata ada masyarakat Islamnya. Kampung Bugis, salah satunya, yang terletak di Serangan Denpasar, Bali – lebih kurang 15 km dari kota Denpasar. Perkampungan Islam ini tergolong unik. Pertama, kampung itu dihuni kelompok Islam. Kedua, perkampungan yang bernama kampung Islam Bugis itu diapit kampung-kampung lain yang umumnya orang Bali dan penganut Hindu. Kendati demikian, baik masyarakat Islam Bugis, mahupun warga Hindu yang tinggal di kampung sebelah boleh hidup rukun berdampingan, meski berbeza agama dan suku. Ketiga, kampung Islam Bugis itu memiliki catatan sejarah yang cukup panjang. Beberapa waktu lalu, Hidayah berkesempatan mengunjungi kampung Bugis yang dihuni warga Islam keturunan dari Gowa, Sulawesi Selatan itu. Berdasarkan catatan sejarah, nenek moyang penduduk kampung Bugis itu, dulunya (abad ke-17) melarikan diri dari Gowa, berlayar dan kemudian terdampar di pulau Bali. Sewaktu Hidayah melihat kehidupan mereka dari dekat, terasa seperti menemukan jejak-jejak masa lalu kehidupan nenek moyang mereka yang ternyata masih dipegang teguh.
Setelah memasuki kampung Bugis, Hidayah bertemu Muhammad Mansyur, orang veteran masyarakat Kampung Bugis, dan kemudian menunaikan solat Jumaat di Masjid Asy-Suhada, salah satu bukti sejarah peninggalan nenek moyang penduduk Kampung Bugis. Pun sebagai satu bukti masuknya Islam ke Bali yang dibawa oleh orang-orang Gowa.
Sejarah Mulanya Kampung Islam Bugis
Pulau Serangan, di mana terdapat perkampungan muslim Bugis yang terletak di sebelah selatan Pulau Bali, memang mirip bagaikan lukisan keindahan pulau dewata. Sebelum memasuki perkampungan Islam Bugis di Pulau Serangan – yang sekarang ini sudah menyatu dengan daratan Bali setelah 14 tahun lalu dibangun jalan dan jambatan yang menghubungkan pulau Serangan dan daratan Bali – terpampang panorama pantai yang memikat. Panorama yang indah itu ternyata menjadi cermin kerukunan dan kebersamaan warga Kampung Bugis dan beberapa kampung di sebelahnya, meski berbeza agama dan suku. Ibarat aliran sungai yang mengalir ke laut, penduduk Kampung Bugis yang beragama Islam ternyata boleh hidup rukun dan damai dengan kelompok dari kampung sebelah. Tali kerukunan beragama dan persaudaraan antara suku itu dapat terikat dengan kuat, sebagaimana dituturkan Muhammad Mansyur kerana dilihat dari sejarahnya dulu, nenek moyang warga kampung Bugis itu datang dari Gowa, Sulawesi Selatan, meninggalkan daerah asal mereka dan terdampar di Bali. Mereka diterima baik Raja Badung, dan membantu Raja mengalahkan kerajaan Mengwi. Atas jasa itulah Raja kemudian menghadiahkan kawasan itu di Pulau Serangan. Tak boleh dipastikan, bila waktu dan siapa perantau Bugis pertama yang datang ke Pulau Serangan itu. Tetapi dari catatan sejarah, dikatakan, para perantau Bugis ini datang ke Bali sekitar abad ke-17. I Putu Gede Suwitha beranggapan nelayan Bugis yang pergi meninggalkan desa asal mereka itu kerana menolak aturan yang ditetapkan bangsa belanda setelah Belanda menguasai Kerajaan Gowa. Di sisi lain, terkait Perjanjian Bongaya pada tahun 1667 yang melarang warga Bugis memiliki kapal berukuran besar. Sebagai pelaut dan pedagang, para perantau Bugis itu lantas mencari tempat baru yang strategik. Beberapa di antara mereka akhirnya berlabuh di Pulau Serangan. Perantau yang datang ke Serangan itu umumnya berasal dari Bugis Wajo, dan ada pula dari Sopeng atau Bone. Sementara itu, Muhammad Mansyur menuturkan bahawa “Kampung Islam Bugis itu dibangun 40 orang perantau Bugis yang dipimpin Syeikh Haji Mu’min akibat tak sefaham dengan Belanda. Rombongan itu berlayar tak tentu arah, meninggalkan tanah kelahiran hingga kemudian merapat di pelabuhan pulau (Serangan) ini; di pelabuhan Bajo. Kerana orang pertama yang berlabuh adalah perahu orang-orang Bugis, makanya orang-orang Hindu Bali menyebut mereka itu orang-orang Bajo.” Tak lama kemudian, ada warga yang melaporkan ke Puri Pemecutan. Lalu, Raja mengirim utusan menemui Syeikh Haji Mu’min, kerana Raja khuatir rombongan itu adalah mata-mata Beanda. Rombongan itu lalu ditawan di kerajaan. Tetapi, dugaan raja itu salah – kerana rombongan yang dipimpin Syeikh Haji Mu’min justeru anti-Belanda dan termasuk orang-orang baik. Akhirnya, rombongan itu diberi kebebasan tinggal di istana untuk sementara waktu. Tetapi para perantau Bugis yang dipimpin Syeikh Haji Mu’min ternyata tidak selesa tinggal di istana. Raja kemudian menempatkan mereka di kampung Gelagi Gendong, sebelah barat kerajaan. Sayang, kebiasaan melaut para perantau Bugis itu membuat mereka tak selesa dan meminta Raja untuk mencarikan tempat di pesisir pantai supaya boleh melaut. “Raja Badung yang mengetahui sepenuhnya bahawa perantau Bugis itu memiliki keahlian di bidang pelayaran, tak keberatan dengan permintaan itu. Bahkan kemudian memberi tempat di Pulau Serangan yang waktu itu masih berupa hutan. Kemudian Haji Mu’min dan pengikutnya membuka penempatan di bahagian selatan Pulau Serangan. Tidak salah, jika hubungan baik antara para perantau Bugis di Pulau Serangan dan Kerajaan Badung pun terjalin erat, bahkan para perantau Bugis ini dipercaya oleh Raja Badung,” tutur Muhammad Mansyur. Hubungan itu terus terjalin dengan baik dan dikatakan pada waktu kerajaan Badung merasa terdesak menghadapi Kerajaan Mengwi, Raja Badung tidak segan-segan minta bantuan para perantau dari Bugis itu untuk membantu.
Seterusnya dapatkan Hidayah keluaran Disember 2009...
Sunday, December 6, 2009
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment